Benteng Kuto Besak Aset Wisata Yang Kurang Terawat

Benteng Kuto Besak ( BKB ) adalah salah satu ikon wisata yang dimiliki kota Palembang. Dulunya sebelum direhab abis BKB adalah pasar tradisional. Tapi sekarang ni tempet udah berganti wajah menjadi sebuah plaza. Semenjak itu BKB jadi tempet tonkrongannya ank2 Palembang. Biasanya ni tempet dijadikan venue konser musisi Indonesia. Klo udh gt, beee... jd de lautan manusia. Pas beberapa malem kemaren gw ke BKB. Nongkrong sambil ngopi diatas ketek.... Dari sini qt bisa ngerasain sensasinya ngopi sembari nikmati view Ampera di waktu malem.. Tonkrongan yang murah meriah 'n asik...

Sayangnya BKB sebagai aset wisata kota Palembang kayaknya kurang terawat. Kalo malem, lampu penerangan disini agak kurang. Mana nda ada kotak sampah, jadinya disudut plaza banyak kali bungkusan2 sampah. Lum lagi pedagang kaki lima dadakan yang sedikit agak nd ngenakin pemandangan. Padahal plaza Benteng Kuto Besak ini adalah salah satu tujuan utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Palembang.




Menurut gw sayang banget ni BKB, untuk membangun ini plaza duitnya nda sedikit kale.. Cobalah untuk diberi perhatian dan perawatan yang lebih dari dinas terkait. Coba kalo dibeberapa sektor disediakan fasilitas2 publik. Tong sampah misalnya. Lampu agak dibanyakin dikit napa ? Biar rada terangan ! Pedagang kaki lima bisa organisir. Dikasih stan2 gratis biar nda serabutan kayak sekarang.

Menurut gw ada beberapa hal yang harus dibenahi untuk meningkatkan daya tarik dari plaza BKB


  • Penambahan fasilitas publik seperti kotak sampah, kamar mandi de el el dah.
  • Pencahayaan ditambah dikit agar rada terangan, jng remang2 gini pa' !

  • PKL yang ada diorganisir, jangan diusir ! Kasihlah mereka stan2 gratis. Stan2 tersebut diatur persektor biar nd numpuk.

  • Aktifin itu kolam air mancur, jangan jd pajangan doank... Khan bagus bisa mempercantik plaza BKB.

  • Perahu2 ketek diorganisir dengan rapi.. Kasih patokan tarif sewanya secara legal..

  • Kebersihan plaza haruslah dijaga. Jangan sampe ada sampah yang berserakan. Sampah2 kecil juga bisa ngerusak pemandangan lo...

  • Jangan lupa semuanya bakal percuma klo nda ada control dan maintenance dari dinas2 terkait.. Apa salahnya klo disini dikasih pos penjaga yg aktif 24jam. Secara ini kn aset penting yang harus dijaga... Jangan sampe disini terjadi yang namanya premanisme.

InsyaAllah itu semua bisa ningkatin citra Benteng Kuto Besak dan kota Palembang di mata para wisatawan. Klo gw punya pemikiran lg liat dipostingan baru aja. otreee... Gw disini cuma beropini berdasarkan penglihatan 'n pemikiran mahasiswa semester 6.. Klo ada yg kurang atw salah total ya maaf... hehehehe... PalembangCare ^^


3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. saran anda sudah baik.tapi skr kan trgantung pemerintah sm masyarakat kota plgnya jga.mrk shrnya harus ada kpedulian dan kerja sma yg baik.kalo pemerintahnya mndukung tapi masyarakatnya gak merespon jga kacau kan!org INDONESIA itu KEBANYAKAN tdk ada RAsa Memiliki OR kepedulian.pdhal itu ada untungnya utk mrk jga.aPA mrk gak tw atau "PURA2 GAK TAU" ya.
    * emg Tuu..agak d terangin dikit lbh baik knyany.krn wkt itu sya prnh dtg ksn ttpi dsn kya djadiin tmn MESUM!sayang skali kan..
    * PEmerintah shrsnya MENEGASKAN,siapa yg ktawan buang sampah sembarang di denda aja..tpi jgn klo d rayu cewek cantik jdi gak kena denda!!TEGAS DONKK!!!!
    * Tolong d perhatikan pekerja yg d tugaskan d BKB,biasanya mrk itu kbykn tdk brtanggung jwb ats pkerjaan mrk.
    * nah..mohon pedagang2 kaki lima uda gak ada dstu.atau pmerintah mnyediakan tmp yg layak bwt mrk utk mrk berdagang.

    ya...cmn itu sii saran dri sayaaa....semoga kota KELAHIRAN MAS GRALA mjdi lbh baik....
    Hahahhahahahahahahahhaah

    BalasHapus
  3. @color sesi's

    Ya semuanya pastinya kembali pada diri masing2. Terlebihnya smua orang2 Palembang untuk ikut menjaga semua aset2 yg ada di Palembang apapun itu... Salah satu ciri khas bangsa ini adalah pandai membuat namun sulit untuk menjaga.. uppss... he2...

    BalasHapus