Pesona Danau Ranau Yang Belum Dioptimalkan


Danau Ranau merupakan objek wisata alam yang berada di erletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Propinsi Sumatera Selatan. Danau alam ini dapat ditempuh sekitar 7-8 jam perjalan dari Palembang dengan kendaraan bermotor.

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatra. Danau ini juga menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan pada tahun 2007 kemarin danau ini telah diresmikan oleh Bupati Lampung Barat, sebagai pusat wisata baru di wilayah Lombok kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat.


Menurut gw potensi wisata Danau Ranau ini belumlah dikembangkan dengan maksimal. Padahal daya tarik yang ada menyerupai objek wisata Bedugul di Bali. Akses jalan ke danau ranau belum dibenahi secara baik, jalan yang sempit dan masih ada beberapa ruas jalan yang rusak. Belum lagi tidak adanya penunjuk jalan yang jelas membuat para pelancong sulit untuk mencapainya.

Untuk masalah akomodasi, saran saya para pengunjung sebaiknya mencoba tinggal di Wisma PUSRI Danau Ranau. Bukan bermaksud promosi :-D tapi memang inilah tempat tinggal terapik yang ada di Danau Ranau. Tarifnya lumayan terjangkau, untuk type Graha dan Wisma harganya bervariasi sekitar Rp 110.000 - Rp 330.000, dan untuk Cottagenya sendiri dibanderol dengan harga Rp 220.000 - Rp 275.000.


Bwt para backpackers yang pergi ber4-6, lebih baik nyewa cottagenya aja + 2 ekstrabed. Ni cottage tepat berada di pinggir danau, klo pagi kita bisa nongkrong di teras sambil nikmati suasana yang pastinya berbeda dengan di kota. Masih di areal wisma, kita bisa menyeruput kopi panas + indomie rebus di warung2 yang ada di pinggir Danau Ranau. Kalau beruntung kita bakal ditawari alpokat sebagai oleh2 dari empunya yang punya kebon. he2...


Menjelang pagi, cobalah jalan ke air terjun yang nda jauh dari lokasi wisma. Kita bakal disuguhi lukisan alam yang uapikk. Pelataran sawah dengan background danau ranau + gunung *gw nd tw nama gunungnya . Klo mw coba sewa kapal motor ( jangan lupa nego harga ) untuk ke seberang. Disana ada pemandi air panas alam.


Jangan bayangin ni pemandian kayak Ciater di Jawa Barat. Asli nd kerawat pool... tempetnya ada di pinggir danau, cuman dibatasi dengan pager duank.. Tempet bilasnya nd bisa dikatakan bersih, air bilas baru ada klo qt ngerequest, itu pun ama yang jaga diambilin air danau.

Banget2 deh ni PEMDA, aset kayak gini ditelantarin gitu aja.. Sayang2 banget..



to be continue........ ^^




2 komentar:

  1. lukman ahmadisastra6 Agustus 2009 pukul 00.26

    bos klo blh minta nomor telp wisma pusriny? makasih :)

    BalasHapus
  2. yg ngelola ntu wisma klo nd salah salah satu biro nya pusri. pt.varita
    coba call ke 0711 712222 ext 3740 ataw langsung aja ke 0711 374518..

    BalasHapus